Review Episode 11 Love Live! Sunshine!!: You


“New friends may be poems but old friends are alphabets. Don't forget the alphabets because you will need them to read the poems.” - William Shakespeare.

Yohane Approved it!

Yahoo... Akhirnya masuk juga di minggu ke 11!! Telat Review? Tsk...tsk...tsk...! Gak ada kata telat dalam menuliskan review selama episode 12 belum tayang, y know! OK, Sebelum masuk ke review aku akan sedikit sharing bagaimana cara aku menulis review Love Live! Sunshine!! selama ini di blog:

Pertama-tama, nonton video streamingnya via LINE setiap hari sabtu jam 09.30 PM – nulis review singkat di grup Line. Kedua, nungguin link DL, sekalian donlod anime lainnya sekitar jam 10 ke atas sampai jam 12 AM. Ketiga, gak ditonton sampe hari senin tiba – mogimanalagi, minggu gw sibuk! Empat, baru nonton hari senin (pagi/sore – tergantung capeknya) trus nulis poin pembahasan – tulis deskripsi unek-uneknya. Lima, Biasanya kelar hari selasa/rabu/kamis baru di update di blog – edit sana sini lalu rilis.

Well, kelihatannya gampang yah? In fact, gak ada lagi tuh lovelives indonesia lainnya yang bikin review seniat senganggur saya! Hahahaha....


Nah, berhubung kemarin senin itu tanggal merah, maka liburan nontonnya sengaja aku perpanjang alhasil nulis reviewnya baru mulai dibuat pada hari kamis. Jadi, ini semua tidak apa-apa.




Riko Departing


Awal cerita ini dibuka dengan adegan keikhlasan rekan-rekan Aqours di depan stasiun untuk melepas kepergian Riko yang akan pergi ke Tokyo untuk mengikuti kompetisi. Sedikit banyaknya fakta yang bisa didapati dari Arc Riko selama ini adalah sepertinya kompetisi piano yang diikuti oleh Riko ini bersifat personal bukannya mewakili sekolah seperti yang pernah aku tulis di episode 2. Dan seperti yang kita ketahui di episode 10 bahwa pada hari yang sama juga diadakan kompetisi babak awal Love Live!, berbeda dengan format awalnya dimana tiap grup harus mencari tempat Live sendiri, pada zaman ini kompetisi diadakan pada satu tempat.




Special Training


Tayangan berpindah dengan cerita kelanjutan menu latihan spesial mereka di sekolah menyambut kompetisi Love Live!. Disini cerita Chika dan kedai warkop pantai miliknya ataupun keberhasilan menu masak YohaMari tidak dibahas lagi. Entah resep masakan 100.000 yen itu sukses mengalahkan warkop rival atau tidak itu tetaplah menjadi misteri. It’s Over! Done is Done!


Yah namanya juga genre komedi, disini dipertunjukkan betapa absurdnya kepemimpinan OSIS si Dia Kurosawa yang menyalahgunakan kekuasaannya untuk menyuruh grup Aqours membersihkan kolam renang sekolah. Yah, bukannya aku membenci itu sih, bagaimanapun juga adegan ini mirip dengan salah satu ilustrasi favoritku di dalam majalah Dengeki G pada bulan Juli 2016.


Yah gak terlalu penting sih bahas itu. Jadi, lebih baik kita bahas timeline-nya saja. Clue-nya ada di episode 9-10-11. Episode 9 bercerita tentang Natsu Matsuri (festival musim panas). Episode 10 bercerita tentang awal Natsu Yasumi (liburan musim panas) dan episode 11 adalah waktu kompetisi babak awal Love Live (20 Agustus – berdasarkan episode sebelumnya).


Kalau dirunut adalah sebagai berikut:

1. Natsu Yasumi biasanya terjadi pada bulan juli – agustus. Peristiwa eps 10 mengambil setting waktu pada awal / pertengahan bulan juli
2. Natsu Matsuri biasanya diadakan di bulan juli – yah karena ini perayaan musim panas, yah suka-sukanya yang buat acara sih. (Nah, disini kejanggalannya eps 9! – anggap saja diadakan di awal bulan juli)

3. Karena itulah, sesuai penentuan tanggal 20 agustus maka dapat dipastikan bahwa Episode 11 mengambil setting jeda waktu satu bulan setelah eps 10 – anggap saja 1 minggu sebelum kompetisi dimulai.

Nah, pertanyaan berikutnya akan menjadi topik selanjutnya.



W Center – Double Center


Berdasarkan analisa di atas maka ada jeda satu bulan pada saat lagu berikutnya tercipta, kita bisa menyimpulkan bahwa ada konflik batin selama periode ini dan berakhir dengan poin pertama. Nah, anehnya Kanan (anggap saja dia yang bertanggung jawab dengan dance) tetap memasang Riko dan Chika sebagai W Center?! Ini aneh! Mereka sudah tahu itu kan? Dan tetap mempertahankan formasi dance yang sama? How come?! Tetap menganggap Riko akan mengisi formasi dance, lalu digantikan oleh You. Di cerita ini terlihat mendadak yah? Tapi berdasarkan urutan diatas, apakah ini masuk akal? Yah, namanya juga plot cerita, sih.



Omoi yo Hitotsu ni Nare




Pada dasarnya lagu ini adalah versi lain dari gubahan lagu piano milik Sakurako Riko “海に返るもの”. Entahlah, apakah normal apabila sebuah grup musik mengikuti kompetisi dengan menggunakan karangan lagu yang sama yang diperlombakan untuk kompetisi lain? Setahuku untuk kompetisi musik seperti band, ketika mereka diminta menyanyikan lagu orisinil maka ada syarat bahwa lagu itu belum pernah dipublikasikan atau diikutkan kompetisi lainnya? Yah, gak tahu juga sih. Mungkin kejadian semacam ini memang diperbolehkan. Yah, setidaknya unsur dramatisnya dapet lah.




MamaMari

Next? Nozomi, right?

Di episode ini Mari memainkan perannya dengan baik! Selalu digadang-gadang oleh para fans sebagai Nozomom KW2 namun baru di episode inilah dia bisa menujukkan sifat KW Ori pabrikannya. Diceritakan bahwa Mari bahkan tidak pernah menyangka bahwa grup Aqours gen 2 ini berdiri berkat Chika dan... You!


Meskipun pada episode sebelumnya telah ditampilkan di cuplikan spoiler tapi aku tidak menyangka bahwa Mari akan menjadi konselor You dalam kasus ini. Anime ini sukses meruntuhkan anggapanku tentang teman masa kecil Chika (dalam artian baik (mungkin?). Sosok Mari yang selama ini menjadi penyebab keretakan persahabatan anak kelas tiga menjadi figur yang tepat untuk menyadarkan You betapa riskan moodnya selama ini. Setidaknya sosok Mari bisa terlihat sedikit dewasa lewat episode ini.



Unbalanced You


Sebagai episode yang dikhususkan bagi You, cerita di dalam episode ini mengambil sudut pandang You. Ada perkembangan signifikan dari karakter You di serial ini. Dari seorang yang blak-blakan (eps 3) namun lambat laun sifat memaksanya ini tidak terlalu efektif untuk Chika (eps 8) dan di eps ini dia tampak menahan dirinya.


Menjadi sahabat masa kecil sama sekali tidak menjadi keuntungan bagi You. Mari memaparkan bahwa perasaan cemburu You lahir ketika dia menyadari hubungan Chika dan Riko yang kemudian malah membuat hubungan persahabatan mereka menjadi renggang. Entah apa yang terjadi pada satu bulan sebelumnya, namun melihat isi pembicaraan You disini maka itu terjadi ketika dia menyadari bahwa Chika lebih perhatian kepada Riko (eps 10). Dan mulai sejak saat itu You mulai merasa menjadi sosok sahabat yang tidak terlalu penting bagi Chika.

Ada kutipan dari CS Lewis yang berbunyi “Persahabat itu lahir ketika seorang berkata kepada yang lain “Hah! Lu juga? gue pikir yang mikir kayak gitu cuma gue doang!” Nah, perasaan gak nyambung ini yang sedang dirasakan oleh You kepada Chika akhir-akhir ini. Seperti "kok pemikiran kita jadi gak nyambung lagi sekarang?". "Apakah kita tetap bersahabat?"



Menarik sekali membahas hal ini, kamu mungkin bisa membuat makalah sendiri untuk membahas tema persahabatan seperti ini. Tapi intinya persahabatan yang terkoyak akan mempengaruhi runtuhnya Teamwork. Dan itulah yang terjadi ketika You harus menyelaraskan langkah miliknya dengan Chika dan pada akhirnya You berbesar hati memilih untuk mengikuti langkah milik Riko dan cocok! Tapi tidak Orisinil. Masalah ini selesai ketika Chika datang sendiri menemui You.

Oh iya, disini juga terungkap fakta bahwa You memakai kacamata di dalam rumah. Pertanyaannya adalah kenapa? Sebagai atlit renang tentu dia tidak mungkin memiliki masalah dengan matanya kan? Atau ini ingin menegaskan bahwa kalian jangan lupa kalau design chara You diambil dari Hanayo? Hmm... Mungkin lebih aman kalau mengambil kesimpulan dia baru saja selesai belajar.


Connect Time



Miskomunikasi antara You dan Chika hampir membahayakan hubungan persahabatan mereka dan pada saat inilah kamu memerlukan pihak ketiga. Tema cerita seperti ini sebenarnya cukup menarik seperti halnya MikuRina dan pembentukkan sub unit Asterisk (*) di Idolm@ster Cinderella Girls. Wake Up! Girls, bahkan memberikan tema yang lebih berat ketika terjadi ketidakcocokan antara sang Center dan Kapten / seluruh grup pada saat itulah sosok orang ketiga (wakil-kapten) diperlukan untuk membuka hati.


Mumpung ngomongin WUG, adegan ketika Riko membagikan asesoris gelang tangan untuk dipakai bersama-sama itu mirip dengan WUG. Kebetulan? Setidaknya ini simbolis yang bagus untuk mengungkapkan bahwa meskipun mereka berada ditempat yang berbeda tapi tetap “bergandengan tangan” bersama-sama.



Parable Nine


AQR48 Sanjou?

Bagian ketika Aqours harus tampil 8 orang ini mungkin menarik untuk dibahas. Mungkin akan ada orang yang protes kenapa mereka tampil tidak lengkap? Well, selama ini Aqours telah dibentuk mulai dari 3-6-9. Jadi meskipun mereka ada 8 orang tetap saja mereka adalah Aqours. Ini berbeda dengan filosofi µ’s yang mementingkan Absolute Nine. Yah, bukan berarti µ’s selalu tampil 9 orang sih, tapi memang begitu kan cara berpikir Honoka?

Breaking 4th Wall, ini juga tanda bahwa grup seiyuu ini tidak selamanya akan tampil full 9 orang dalam setiap penampilannya. (oke, amit-amit jabang bayi). Ini seperti kejadian yang dialami grup seiyuu µ’s yang pada akhirnya sering tampil berdelepan semenjak Nanjo dinyatakan memiliki masalah cidera kaki yang cukup serius hingga Final Live. But Aqours tetaplah Aqours. Mungkin itulah Message-nya.


Seasion Exit

Sieg Nekohime!

Sejujurnya, aku tidak tahu bagaimana Sunshine Season 1 ini akan berakhir? Apakah akan se-dramatisir LLS1? Ataukah malah jadi ajang jualan lagu seperti LLS2? Bikin PV ke-3 aja woy! Apalagi aku dengar bahwa eps 12 menjadi penayangan eps terakhir di TV dan eps 13 adalah bonus DVD? Tapi yah entahlah yang jelas saya sudah siap dengan Final Review saya. See ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)