My First Thought: Mengenal Para Gadis Love Live! Sunshine!!



Please Note: Isi blog ini merupakan catatan pribadiku, apa yang aku pikirkan, rasakan dan amati tentang mereka sejauh ini. Semuanya AFAIK.





Tinggal menghitung hari dan jam dan detik hingga serial animasi Love Live! Sunshine!! resmi mengudara di Televisi Jepang. Ini juga menandai awal serial anime musim panas dan akhir dari anime musim semi (ohh man, I was left a lot of feelings about it :( (Netoge, Flying Witch, Sakamoto, dll)


Yah, biarlah yang berlalu itu berlalu... Sama juga seperti Era Love Live! School Idol Project yang  dipimpin oleh µ’s dengan segala kemuliaan yang mereka capai selama 5 tahun ini, kini harus secara resmi menyerahkan tonggak kekuasaan mereka kepada generasi yang baru. Jadi, mari kita sambut Era Love Live! Sunshine!! yang dipimpin oleh Aqours semoga mereka juga mencapai hal yang sama.

Berbicara tentang Sunshine!! atau Aqours, maka kita akan menjumpai berbagai karakter gadis yang menarik, bahkan semakin kamu mengenal satu per satu pribadi mereka maka kamu akan semakin menjadi tercengang. Baik chara (character) maupun seiyuu juga memiliki karakter sifat yang berbeda-beda di setiap orang namun itulah yang membuatnya unik. Kini, mari kita membahas 9 chara gadis yang ada di serial ini.


  1. Kelas 1: Innocent Class
 
Kalian mungkin boleh tidak setuju denganku namun aku benar-benar lega dengan pembuatan design chara gadis di Sunshine!! Berbeda dengan gadis kelas 1 SMA Otonokizaka di SIP yang sudah waifu-able, maka para gadis kelas satu di Sunshine ini lebih sister-able. Seandainya boleh mengutip perkataan produser-san: “senyuman itu, aku ingin menjaga kepolosan kalian.”


Kunikida Hanamaru (国木田花丸): The Zura Angel


Gadis ini digambarkan sebagai anak penjaga kuil keluarga yang gemar bernyanyi paduan suara. Meskipun terdengar janggal namun menurut keterangan profilnya pada bulan Februari 2016 dijelaskan bahwa sejak awal dia sebenarnya juga ragu untuk ikut paduan suara oleh karena latar belakangnya yang merupakan seorang gadis kuil, namun berkat bantuan Rubi yang memberanikan diri untuk minta ijin kepada bibi dan pamannya maka dia bisa lulus menyalurkan hobinya itu.

Hanamaru berteman dekat dengan Rubi. Karakternya digambarkan sebagai gadis udik yang out-of-date dengan segala perkembangan informasi & teknologi terbaru yang ada di TV dan Internet oleh karena kehidupannya di dalam kuil – dan membuatnya sering di jahili oleh teman-temannya. Namun, berkat itu dia bisa lebih suka untuk membaca buku.

Tempat tinggal: Kuil, di daerah pegunungan. Charm point: “-zura!”, percaya alien, dan karena dia suka hari Natal, maka biasakanlah untuk menyebut “Maru Christmas!”. Btw, berdasarkan B.W.H, dia sebenarnya memiliki ukuran tubuh yang tidak berbeda jauh dengan Hanayo. *iykwim*


Ruby Kurosawa (黒澤ルビィ) : The Crybaby Angel

  Artwork by: kazuma

Wotaku! Well, bukankah sudah jelas? Sejak kecil dia sudah memiliki minat yang cukup besar di dunia idol. Sayangnya, sifatnya yang pemalu dan penakut ditambah lagi dengan karakter keluarganya yang ketat - sampai memarahi dia jika ketahuan menonton acara musik di TV - membuatnya berkecil hati untuk menjadi seorang idola.Hmm... Sepertinya tinggal di Klan Kurosawa memang merupakan tanggung jawab yang berat.

Biasakanlah untuk melihat cara ngomong dia yang gagap (kek: “A-anu.. Ma-ma-MAAF!!), bukan karena gagu tapi karakter penakut dan cengengnya yang membuatnya seperti itu. Pada awalnya dia digambarkan sebagai seorang sis-con, alias gak bisa lepas dari kakaknya, Dia namun belakangan kehadiran sosok Hanamaru telah berhasil mengubah paradigma tersebut. Alhasil kita sekali lagi akan melihat reinkarnasi pairing Rin-Pana (dengan model dan karakter yang sama sekali berbeda) di serial Sunshine!!

Charm Point: twin tail hair. Hobi: Menjahit, sepertinya dialah yang bertanggung jawab untuk pembuatan kostum. Meskipun Rubi itu orang yang penakut tapi dia juga tipe orang yang suka dipuji, jadi katakan “Ganba-Rubi” kalau bertemu dia. Dikatakan bahwa dia adalah cewek yang takut ama cowok namun sebenarnya sih dia tuh tipe orang yang cuma mau ketemu cowok ikemen. (based on Q&A)


Tsushima Yoshiko (津島善): The Chuunibyo Angel





Jika kedua gadis kelas 1 sebelumnya dapat di deskripsikan sebagai seorang malaikat, maka chara gadis ini tidak akan mau mendapat gelar itu, dia lebih suka disebut mantan malaikat alias setan. Sebagai seorang Chuunibyo harus diakui bahwa daya imajinasi anak ini begitu hebat. Yoshiko dapat memaparkan sesuatu yang biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang “Hell-ish” banget!

Dia menyebut dirinya sendiri sebagai Yohane (Johannes), meskipun kita masih belum tahu dari mana dia memilih nama tersebut. Bagaimanapun juga tidak ada seorangpun juga yang mau memanggilnya dengan menggunakan nama itu. Dan sebagaimana Chuunibyo pada umumnya, karakter lain yang dia miliki adalah penyendiri, sering menyalahkan nasib sialnya kepada Tuhan. Demi dewa... Fukou da!




Charm Point: Simpul Rambut sebelah kiri (Kotori Mk 2?). Secara pribadi aku meyakini bahwa lagu Stawberry Trapper di Guilty Kiss itu menceritakan tentang citra dirinya, sesuai dengan makanan favorit, dsb. Karakter penokohannya sering dibanding-bandingkan dengan Kanzaki Ranko (Idolma@ster Cinderella Girls), sah-sah aja sih TAPI berbeda dengan Ranko yang lebih suka gothic demi membangun karakter image idolnya, sebaliknya Yohane ini memang seorang Chuunibyo semi-akut.


  1. Kelas 2: Founder Class

Beralih ke para gadis kelas dua. Di kelas ini setidaknya ada dua pendiri utama grup Aqours (menurutku), Chika sang biang keladi, You yang jelas bukan kamu, (dan satunya adalah Kanan yang tidak berasal dari aliran garis kiri (Itulah mengapa aku sering mengatakan HonoKotoUmi v2), dan disini kita juga berkenalan dengan Chara baru yang berasal dari dunia serial sebelumnya, Riko yang mana oleh latar belakang sekolahnya sehingga dia terjebak dalam situasi yang serba mendadak.


Chika Takami (高海千): The Orange Holic


Fans berat µ’s sejak pandangan (ralat: pendengaran) pertama yang pada akhirnya menginspirasi dirinya untuk membentuk grup idol sekolah di SMA Uranohoshi, Aqours. Meskipun begitu, berbeda dengan kasus SMA Otonokizaka, disini tidak ada indikasi bahwa dia mendirikan Aqours untuk menyelamatkan sekolahnya yang akan dihancurkan, dengan kata lain dia sama sekali tidak memiliki maksud untuk mencegah itu terjadi selain sebagai bukti bahwa mereka bersembilan pernah eksis di tempat ini (Dengeki G - Februari, 2016).

Anak bungsu dari 3 bersaudari, ini juga menjelaskan karakter manjanya yang tidak mau mengalah dengan siapapun. Bukan seorang gadis yang pintar di bidang akademik namun sebagaimana tipikal leader, dia dekat dengan semua member Aqours, khususnya Chika, Kanan, dan You.

32! Most Impressive!

Tempat tinggal: Rumah penginapan dan pemandian air panas. Berdasarkan penuturan Kanan, Latar belakang rumahnya dideskripsikan memiliki pemandian air panas terbuka yang menghadap laut dan dapat melihat suasana pemandangan Gunung Fuji dari sana. Charm Point: kunciran di samping kuping, Maniak Jeruk – meskipun dia juga ngaku bisa bosen kalau keseringan makan Mikan juga, sih. Overall, ChikaChika merupakan orang yang easy going dan selalu punya ide yang aneh-aneh untuk dilakukan. Jadi kalau mau bertemu dia jangan lupa katakan “Kan-Kan-Mikan!!”


You Watanabe (渡辺): The Sport Holic


Yousoro!! Most energic girl comes here! Memiliki cita-cita menjadi kapten kapal semenjak kecil membuatnya tergila-gila dengan (kancoll) laut. Dia begitu suka dengan kehidupan ABK, dan berharap suatu hari Aqours memiliki baju kostum bertemakan kapten kapal. Charm Point: Hanayo Face, Salute pose! Atlit Renang, dan selalu berlatih ekstra keras agar dirinya bisa mengikuti seleksi atlit nasional. 

Sebagaimana tipikal anak sport, dia sejatinya sama sekali bukan tipe orang yang tertarik dengan sesuatu yang imut. You itu bukanlah tipe orang yang langsung menyukai kehidupan idola namun dia belajar setahap demi setahap untuk menikmati pekerjaan barunya sebagai seorang idola sekolah.

Somehow, dia mengingatkanku kepada pribadi Umi yang juga seorang atlit sekolah, namun memiliki kelembutan dan pikiran positif seperti Kotori (dats hair color, tho!). You juga adalah tipe gadis yang setia dan tidak akan bersikap egois meskipun berada di situasi genting.


Riko Sakurauchi (桜内梨子): The Citizen Princess


Gadis Ibukota yang terpaksa ditransfer ke Shizuoka oleh karena tuntutan pekerjaan ayahnya yang membuka cabang toko baru. Sebenarnya RikoRikoRi hanyalah seorang gadis biasa yang hidup dengan gaya hidup normal layaknya orang jepang pada umumnya, sederhana nun tidak mencolok. Namun, semua itu bisa menjadi cerita yang berbeda ketika gadis ini bertemu wota maniak (begitulah OtaCouncil menyebut mereka #sacarsm) yang merupakan fans karbitan µ’s, grup idola sekolah tempat eks-SMA dia terdahulu, apalagi setelah dia mendengar bahwa gadis ini tumbuh di daerah Akihabara, dan dengan segala hal pemujaannya. Maka resmilah dia terpaksa mengikuti dunia idol dan segala kerlap-kerlip tetesan keringat yang menaungi perjalanan pembentukkannya.

Seperti yang telah aku jelaskan sebelumnya, alasan dia sama sekali tidak tertarik dengan dunia idol karena dia adalah anak teknik seni! Sama seperti alasan Maki di serial SIP (School Idol Project!), meskipun Riko bisa memainkan alat musik seperti biola dan piano tapi dia sama sekali tidak tertarik berkecimpung di dunia idol (kalau seandainya dia tertarik dengan idol sudah pasti dia akan bergabung dengan µ’s, #ehh). Selain itu dia juga hobi menggambar meskipun aku berharap hasil karyanya akan berbeda dengan seiyuunya (No, Artwork milik Rikako itu tetaplah MASTERPIECE!), dan suka memasak, dan kegiatan rumah tangga lainya yang membuatnya pantas dijadiin wife!

Riko adalah tipe gadis yang gugup dan mudah panik apabila diajak melakukan sesuatu yang baru namun karakternya yang tidak egois dan suka menolong orang lain membuatnya selalu berusaha ikut membantu impian mereka bisa berhasil meskipun itu adalah sesuatu yang dia tidak sukai... (misal: nonton kodok bareng. www...).

Somehow, aku merasa bahwa pertemuannya dengan Chika akan menjadi takdir pertemuan yang akan selalu dia kenang. Bukan karena rabu-rabu story, tapi jika tidak ada gadis sableng ini yang sengaja menemuinya maka dia akan selalu menjadi gadis biasa penakut yang tidak akan pernah berkembang. Entah bagaimana ceritanya, dia juga berteman dekat dengan Yocchan (Yohane).


  1. Kelas 3: Wife Class 

Kini tibalah kita di kelas terakhir! Apa keunggulan dari gadis di kelas ini, tentunya mereka sudah dewasa secara lahir dan batin (rasanya sih?). Ketiga gadis ini juga memiliki peran yang penting di dalam Aqours, Ketua Osis dari keluarga ternama, Teman kecil sang MC, dan Horang Khayah, sang komposer lagu.


Matsuura Kanan (松浦果南): The Mother of Right


Setahun lebih tua dari Chika namun dialah teman kecil gadis mikan itu. Kanan sudah hapal betul segala tingkah sableng gadis itu sehingga membuatnya tidak bisa berbuat banyak selain turut menyetujui usahanya, termasuk menjadi seorang idola sekolah.

Tinggal bersama kakeknya dan ikut membantu bekerja di toko sewa alat selam milik keluarganya di Uchiura membuat gadis ini hobi menyelam dan berenang. Daya stamina tubuhnya sungguh hebat, mungkin 11-12 dengan You. Jika perkiraanku ini benar, seharusnya Kanan tinggal di pulau seberang, berbeda dengan Chika yang tinggal di sekitar pantai Suruga, di daratan Shizuoka dan mereka harus bolak balik naik perahu untuk saling berkunjung.

Tipikal gadis kampung pada umumnya, dia juga tipe orang pemalu apabila diajak berbicara sesuatu yang nyeleneh. Memiliki charm layaknya Nozomi, setidaknya dia bukan orang yang mesum meskipun menyatakan tertarik dengan Gravure (demi garpu!). Selain dekat dengan Chika dia juga dekat dengan Mari, apalagi dia menyatakan terang-terangan tentang kekagumannya terhadap gadis itu. Sepertinya pertemuan Kanan dan Mari nantinya akan menjadi cerita menarik sendiri. Yuk Kanan, Yuk Mari..




Dia Kurosawa (黒澤ダイ): The Bossy Bitchy


Gadis ini adalah ketua OSIS SMA Uranohoshi, kakak kandung dari Ruby yang mana mereka berdua adalah anak dari keluarga Kurosawa yang merupakan pemimpin perkumpulan nelayan di daerah itu. Keluarganya yang keras membuatnya menjadi pribadi yang sombong dan perfeksionis. Well, sosok panutannya adalah Yamato Nadeshiko, yah pantes aja, sih! Karenanya Sekali dia terjun untuk mengejar sesuatu dalam suatu kegiatan maka dia harus berhasil memenangkan / mendapatkanya.

Meskipun begitu dia bukanlah orang yang tidak memiliki cacat, Dia merupakan orang detail, terlalu teliti hingga sering memikirkan atau mengurusi suatu hal yang seharusnya tidak perlu dipikirkan. Well, mungkin itulah charm point miliknya, selain dari bentuk mata yang tajam seperti ngajak orang berantem. Selain itu, sama seperti Ruby, dia juga memiliki daya ketahanan tubuh yang lemah. Tapi tetaplah seorang kakak yang baik (ralat: sempurna) untuk Ruby, dengan sikap Tsundere-nya, dia selalu berusaha menjadi panutan yang terbaik bagi adiknya.

Lebih tertarik dengan budaya tradisional, namun senang dengan pelajaran bahasa inggris. Hmm.. mungkin inilah alasan mengapa dia mengkritisi logat Mari yang bule jadi-jadian. Sifatnya yang hime-tsundere mungkin membuatnya selalu ingin diperlakukan bak seorang puteri. Intinya sih, dia itu haus pujian, tapi kalau dipikir balik berarti dia itu sebenarnya gadis yang mudah ditaklukan, dengan sedikit usaha keras dan takaran gombal yang cukup setiap hari itu sudah cukup untuk membuatnya klepek-klepek kepadamu. #ehh


Oharo Mari (小原鞠莉): The Richest Bitchy

 
Tidak banyak informasi yang terkumpul tentang dirinya, namun dari Kanan kita mengetahui bahwa dia bukan penduduk asli kota Izu, dan tinggal menetap di resort hotel miliknya yang berada di seberang pulau – sama seperti tempat tinggal Kanan, dimana dia harus menggunakan kapal ferry untuk mencapai kota – oke, dari PV kita tahu bahwa dia mempunyai helikopter pribadi -_-. 

Secara karakterisasi, awalnya aku mengira bahwa dia adalah sosok pribadi yang kalem bak Eli Ayase ataupun putri bangsawan eropa pada umumnya namun semua itu buyarrrrr ketika drama audionya diperdengarkan! Ternyata dia termasuk golongan mbak bule random. Bener sih keturunan amerika, tapi spelling englishnya... ya ampun, facepalm dah!

Meskipun ini tidak terlalu jelas tapi tampaknya dia merupakan orang terakhir yang diajak bergabung ke grup Aqours oleh Chika melalui Adu Sumo. Su-Mo-U. (bersamaan dengan Dia? (Ruby telah diculik, sebelumnya!). Sikapnya yang easy minded, easy going membuatnya tidak mau terlalu berurusan dengan hal-hal yang sulit (well, ini sih karakternya Mimi Digimon 1 banget sih!). Bagian komposer musik untuk Aqours dengan genre Industrial Rock sebagai fundamental musiknya. Sepertinya dia berteman akrab dengan Kanan, apalagi pertemuan pertama kali mereka berdua pada saat Mari menunggangi kuda. (Nozo-Eli part 2?!)

Sebagai catatan, sebelumnya aku sempat menduga ada hubungan antara kehadiran Mari di sekolah Uranohoshi dengan rencana penutupan sekolahnya. Apakah sekolah itu dibeli oleh keluarganya untuk dijadikan hotel? Ataukah ada maksud pengembangan bangunan resort lainnya disekitar sana? Tapi bukankah itu akan mengancam bisnis keluarga Chika dan Kanan, selain itu pasti ada protes resmi dari keluarga Kurosawa, kan? Tapi sejauh ini sepertinya skenario semacam itu masih jauh dari topik utama cerita Sunshine!!.

Kenapa? Saya akan jelaskan di lain kesempatan.


Well, seperti itulah ulasan awal dari saya, tentunya analisa ini terlalu awal untuk menjadi patokan utama, sebelum animenya ditayangkan. Tapi bukankah ini menjadikan cerita serial Love Live! Sunshine!! layak untuk dinantikan, bukan?!

Bagaimana menurut pendapatmu sendiri?

source: dari berbagai sumber

Komentar

randowl mengatakan…
you best girl
Unknown mengatakan…
Mantaff Gan....

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)