First Impression: Ongaku Shoujo Episode 1: Anime Idol Yang Gak Ngidol



Kali ini kita akan membahas anime idol lainnya yang tayang pada musim semi 2018 yaitu Ongaku Shoujo atau dalam bahasa inggris dinamakan Musical Girls

Kesan pertama dari seri anime ini, Jujur, saya tertipu! Kenapa? Biar nanti saja penulis menjelaskannya.

Ada banyak orang yang menilai anime ini dengan rating rendah. Sejujurnya saya juga penasaran kenapa mereka melakukan itu karena sebenarnya saya sangat menikmati setiap episode serial anime ini. Menurutku ini adalah anime yang jalan ceritanya paling masuk akal namun tidak meninggalkan kesan moe-nya. Jadi tidak terlalu tragis seperti WUG! yang terlalu dark.




Mari kita menilik episode pertamanya. Adegan awal anime ini dimulai dengan penampakan landing pesawat di bandara (ya iyalah... masak di stasiun). Aneh, karena adegan ini bikin kangen, lho!

Ya, saya mendadak jadi kangen sama Opening anime Idolish7 yang baru saja selesai beberapa waktu sebelumnya. Saya harus mengecek ulang file ini apakah jangan-jangan tertukar dengan anime itu! Tapi ternyata tidak, saudara-saudara.


MC dan DoruDoru, sang monster 'idol'.

Adegan awal cerita Ongaku Shoujo ini dimulai dengan kemunculan sang MC kita saat masih menaiki pesawat terbang yang akan landing di bandara Jepang. Singkat cerita MC kita ini pergi bersama keluarganya yang datang dari Amerika Serikat untuk sebuah acara konser musik. Nah, kebetulan MC kita ini juga berhasrat datang ke Jepang untuk bertemu dengan 'idol'.

Di saat yang bersamaan, Di bandara tersebut sedang di adakan acara pencarian bakat audisi member Idol, Ongaku Shoujo! Seperti plot yang sudah bisa ditebak kalau grup idola ini bukanlah grup idola terkenal alias amatiran!

Apa yang membuat grup ini lebih mengenaskan adalah sikap produser mereka, Ikehashi yang tidak banyak membantu dalam meningkatkan kesuksesan grup mereka.




Seperti yang bisa diduga, tidak ada seorang pun yang mendaftar dalam kontes tersebut. Namun, the show must go on! Jadi, mereka memutuskan untuk tampil di atas panggung - setelah melihat ada fans reguler yang mau menyaksikan acara tersebut! - dan sang produser sekali lagi bersemangat untuk mencari kontestan manapun!


MC-nya sih cantik, tapi sablengnya bukan main, tapi ibunya cantik.

Si MC kita kemudian berkeliaran di Bandara sendirian, setelah sang ibu membantu suaminya mengangkat perabotan musik mereka. Mulailah cerita utama serial ini dimulai di mana MC kita, Hanako Yamadaki yang menjadi keberadaan real idol bertemu dengan sang produser Ongaku Shoujo!


Perhatian: adek-adek kalo bertemu om-om kayak gini tolong jangan diladeni dan segera panggil polisi yah?!

Pucuk dicinta ulam pun tiba! Hanako Yamadaki kemudian dibawa bertemu ke 'sarang' idol lainnya! Namun ketika Hanako bertemu dengan kesebelas gadis idol lainnya, respon dia adalah...



Dan Begitu lah, petualangan MC kita, Hanako Yamadaki ketika berjumpa dengan dunia idola yang kemudian menentukan perjalanan hidupnya di masa depan. Sisanya, bisa kalian saksikan sendiri.


REVIEW

1. This Girl is really something!

Mungkin karena dia berasal dari USA sehingga bicara blak-blakan merupakan salah satu karakter alaminya. Semenjak dia berkenalan dengan dunia Idola, karakternya sudah memancing amarah para gadis lainnya, terutama kepada Iori. 

Namun Ikehashi-P juga tidak salah merekrut dia, bahkan dia sendiri bisa merasakan bahwa gadis itu bisa membuat sesuatu di atas panggung alias idol super rare!


2. Idol Is A 'cute=weird' Monster



Bagi Hanako, Sosok Idol yang dia maksud itu adalah Monster. Bahkan Monster itu adalah boneka yang dia ciptakan sendiri. Masih ingat di postingan sebelumnya ketika saya menuliskan bahwa sejarah kata Idol yang juga bisa diplesetkan menjadi 'I Doll'?


3. She Learn, Doing, and Managed it!



Salah satu bakat alami dari MC kita adalah dapat belajar dengan cepat tentang gerakan tarian yang dia lihat dan melakukannya dengan benar. Selain itu dia bisa memberi penilaian dan saran yang tepat serta memiliki selera fashion yang baik sehingga mampu menarik aura kecantikan para member Ongaku Shoujo dengan tepat.


4. Rank C


Ongaku Shoujo merupakan idol grup peringkat C. Bukan hanya di dalam cerita sih, bahkan animasinya juga Rank C, sih.


5. Her First Stage



Kedua orang tua Hanako memang adalah musisi sehingga mungkin karena itulah dia dapat menilai penampilan dan memberi saran kepada para performance di atas stage dengan baik. Tentu saja ada harapan besar bagi member Ongaku Shoujo ketika mengetahui hal tersebut. Tapi yang terjadi malah penampilannya benar-benar B.E.R.A.N.T.A.K.A.N. (dalam artian sebenarnya). Bahkan mamanya saja malu untuk terus terang mengakui itu.





MUSIC

Insert Song: 01. ON STAGE LIFE



Sebetulnya lagunya tidak jelek tapi terlalu standar dibandingkan lagu idol jaman sekarang. Iramanya ceria, pop rock dan irama harmonica-nya benar-benar cocok dengan irama lagu ini.  Lagu ini diproduksi dibawah Pine Record oleh King Record.



DESIGN



Jujur saja, design animasi disini terlihat kaku bahkan pada saat live musik, gambar mulut mereka hanya terbuka tapi tidak seirama dengan musiknya dan sering mengambil penggunaan close up gambar statis saja. Mungkin itu karena mereka tidak terlalu memaksakan penggunaan 3D? Atau karena terlalu sulit dibuat? Tapi tetap saja terlihat tidak konsistennya. Atau malas membuat detailnya?




Secara bentuk wajah, desain wajah ini mengingatkanku dengan animasi Idol Jihen, terutama warna matanya. Mungkin ini cuma kebetulan yang umum sih.


IMPRESSION



Sebuah episode yang tidak terduga sebenarnya. Sementara dari awal sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa Hanako akan tampil sebagai MC yang akan berperan sebagai Idol Penyelamat grup ranking C ini namun yang terjadi malah dia sendiri tidak bisa bernyanyi. Aku masih ingat bagaimana reaksiku ketika tertawa ngakak saat mengetahui hal ini.

Sejujurnya, agak membosankan melihat desain animasinya yang tidak terlalu bagus. Namun ada satu hal yang menarik perhatianku yaitu ketika aku menyadari bahwa salah satu seiyuu yang berperan disini adalah LYNN (seiyuu-nya Kotoko Kintoki (金時 琴子)!! OMG! Ketemu sama doi lagi setelah sebelumnya di anime Idol Jihen yang berakhir tragis!

Tentu saja aku gak berkeberatan buat nonton anime yang diperankan doi, bahkan karena itulah aku jadi semangat buat nonton anime ini... hehehe.


Summary:

Animasi: C+
Lagu: B-
Story: B-
Seiyuu: B



Tulisan ini merupakan publikasi ulang dari blog ngidolnime yang pernah diterbitkan pada tanggal 13 agustus 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)