Idol Wars 101: Welcome to Anime Idol Fall Season 2017



Oktober 2017

Musim gugur di jepang kali ini tidak akan sehangat musim gugur yang biasanya. Bagaimana tidak, selama semusim ini terdapat 3 anime idol dengan fandom terbanyak yang saling bertarung untuk membuktikan eksistensi mereka kepada para fans yang mereka cintai.

Tanpa banyak basa-basi inilah daftar petarung di arena idol ini


1. The Idolm@ster SideM


Sebenarnya, anime idola pria itu bukanlah sesuatu yang asing. Uta no Prince-sama merupakan contoh terbaik bagaimana franchise idola pria juga bisa eksis di dunia otaku, tentunya di kalangan wanita. Hal yang tidak biasa adalah franchise The Idolm@ster sendiri pada dasarnya lebih dikenal idola ceweknya melalui grup 765 Pro atau 346 Pro yang pernah di adaptasi menjadi anime Cinderella Girls. Namun, SideM ini berbeda karena mereka sepenuhnya adalah grup idola pria.

Sudah terungkap bahwa mereka yang akan tampil di dalam anime ini adalah idol dari unit  DRAMATIC STARS, Beit, SEM, High×Joker, W, & Jupiter. Cukup mengecewakan karena unit terbaru ternyata tidak disertakan juga, khususnya Ryo Akazuki dari F-LAG, ehhm.

anime ini ditayangkan setiap hari sabtu dan minggu kemarin (30/10) sudah memulai episode 0 yang membahas tentang Jupiter.


Cast: Shugo Nakamura as Teru Tendō (DRAMATIC STARS), Taku Yashiro as Tsubasa Kashiwagi (DRAMATIC STARS), Yūma Uchida as Kaoru Sakuraba (DRAMATIC STARS), Daichi Kanbara as Hokuto Ijūin (Jupiter), Fumihiko Tachiki as Takashi Saito, Hiroshi Watanabe as Natsuki Sakaki (High×Joker), Junya Enoki as Rui Maita (S.E.M), Kengo Kawanishi as Ken Yamamura, Kent Itō as Michio Hazama (S.E.M), Sho Nogami as Shiki Iseya (High×Joker), Shōya Chiba as Hayato Akiyama (High×Joker), Shun Horie as Pierre (Beit), Takeru Kikuchi as Yūsuke Aoi (W), Takuma Nagatsuka as Jun Fuyumi (High×Joker), Takuma Terashima as Tōma Amagase (Jupiter), Tomohito Takatsuka as Minori Watanabe (Beit), Yoshiki Nakajima as Jiro Yamashita (S.E.M), Yoshitaka Yamaya as Kyōsuke Aoi (W), Yoshitsugu Matsuoka as Shōta Mitarai (Jupiter), Yuichiro Umehara as Kyōji Takajō (Beit), Yusuke Shirai as Haruna Wakazato (High×Joker)
Opening Theme: "Reason!!" by DRAMATIC STARS, Beit, SEM, High×Joker, W, & Jupiter
Tayang Reguler: 2017-08-30



2. Love Live! Sunshine!! (TV 2)



Setelah season sebelumnya, kesembilan gadis dari SMA Uranohoshi ini menceritakan perjuangan pembentukan school idol grup, Aqours. Kali ini perjalanan mereka dalam menyelamatkan sekolah akan kembali berlanjut!

Sepertinya tidak ada tambahan pemain baru dalam season ini. Seperti SideM, pada minggu sebelumnya Love Live Sunshine sudah menayangkan Episode 0 namun tayangan ini lebih merupakan recap episode yang dipandu oleh Anju Inami (CV Chika Takami). Bagaimanapun juga, Tayangan ini merupakan salah satu anime yang dinantikan banyak orang pada musim gugur ini.


Cast: Ai Furihata as Ruby Kurosawa, Aika Kobayashi as Yoshiko "Yohane" Tsushima, Aina Suzuki as Mari Ohara, Anju Inami as Chika Takami, Arisa Komiya as Dia Kurosawa, Kanako Takatsuki as Hanamaru Kunikida, Nanaka Suwa as Kanan Matsūra, Rikako Aida as Riko Sakurauchi, Shuka Saitō as Yō Watanabe
Opening Theme: 
"Mirai no Bokura wa Shitteru yo" by Aqours
Ending Theme: "Yūki wa Doko ni? Kimi no Mune ni!" (勇気はどこに?君の胸に!; Where is Your Courage? In Your Chest!) by Aqours
Tayang Reguler: 2017-10-07



3. Wake Up, Girls! Shin Shō (TV)

Wake Up, Girls! membawa terobosan baru dengan menghadirkan serial kedua mereka di TV. 

Setelah menayangkan 2 film yang membungkus cerita serial sebelumnya yang dikerjakan oleh studio Ordet di bawah sutradara, Yutaka Yamamoto. Kini serial terbaru "Shin Shō" akan dikerjakan oleh studio Millepensee disusul absennya Yamakan (kalo bisa silahkan mati saja!) di gantikan oleh Shin Itagaki dan Miyuki Sugawara bertanggung jawab sebagai character design yang baru menggantikan Sunao Chikaoka. 

Inilah sebabnya mengapa desain terbaru serial ini benar-benar berbeda daripada serial sebelumnya. Meskipun demikian, Chikaoka tetap mendapat credit sebagai desainer karakter aslinya dan "Green Leaves" tetap mendapat credit sebagai pemegang cerita asli. Musik anime ini tetap dikerjakan oleh Satoru Kousaki dan monaca. Sementara itu, seluruh pemain dari serial sebelumnya dipastikan akan hadir kembali.


Saya gak terlalu berharap banyak dengan anime ini terlebih setelah melihat animasinya yang mirip boneka barbie dibuat anime. Kabar bagus dari proyek ini adalah ketambahan sub-unit dan 3 pemain baru, Run Girls Run! Inilah yang membuatnya menarik untuk dinantikan.


Cast: Airi Eino as Airi Hayashida, Kaya Okuno as Kaya Kikuma, Mayu Yoshioka as Mayu Shimada, Minami Tanaka as Minami Katayama, Miyu Takagi as Miyu Okamoto, Nanami Yamashita as Nanami Hisami, Yoshino Aoyama as Yoshino Nanase, Daisuke Takahashi as Hajime Shiromoto, Hiro Shimono as Kuniyoshi Ōta, Isamu Yūsen as Masaki Asatsu, Kenta Matsumoto as Ryō Yazawa, Koko Hayashi as Ayumi Hayashi, Nanami Atsugi as Itsuka Atsugi, Yūka Morishima as Otome Morishima
Opening Theme: "7 Senses" by Wake Up, Girls!
Ending Theme: "Shizuku no Kan" (Drop's Crown) by Wake Up, Girls!
Tayang Reguler: 2017-10-09



4. Cinderella Girls Gekijou 2nd Season


Kelanjutan dari serial sebelumnya yang masih bercerita tentang adaptasi komik 5 panel. Sebenarnya saya sendiri gak mau memasukkan anime ini dalam Idol Wars karena yah, apa yang mau dibahas dari anime 5 menitan? dengan komedi singkat dan tanpa perkembangan karakter selain bentuk chibi-nya. Tidak ada yang perlu dibahas dari anime ini. Bahkan kamu sama sekali gak butuh otak untuk melihat ini.

Kabar bagus dari anime ini adalah lagu endingnya yang enak-enak.

Cast: -
Ending Theme: "Blooming Days" by THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS LITTLE STARS!
Tayang Reguler: 2017-10-03


5. TsukiPro the Animation (TV)



Saya sama sekali gak tahu apa-apa tentang anime ini tapi sepertinya cocok sebagai tandingan The Idolm@ster Side M. Secara garis besar anime ini menceritakan kehidupan Tsukipro, sebuah agensi produksi yang menangani band-band yang akan tenar, seperti SolidS yang baru debut 3 tahun yang lalu dan band lainnya. Yah, gak beda jauh dengan 315 Pro di Side  M sih. 

Karena saya sendiri belum nonton anime ini jadi gak bisa banyak memberikan komentar.



Cast: Chiharu Sawashiro as Nozomu Nanase (Soara), Makoto Furukawa as Sōshi Kagurazaka (Soara), Taishi Murata as Ren Munakata (Soara), Toshiyuki Toyonaga as Sora Ōhara (Soara), Yuuki Ono as Morihito Arihara (Soara), Daiki Yamashita as Ryōta Sakuraba (Growth), Junta Terashima as Mamoru Fujimura (Growth), Kōtarō Nishiyama as Eichi Horimiya (Quell), Natsuki Hanae as Rikka Sera (SolidS), Sho Nogami as Ichiru Kuga (Quell), Shugo Nakamura as Issei Kuga (Quell), Shun'ichi Toki as Kōki Etō (Growth), Shunsuke Takeuchi as Shu Izumi (Quell), Sōma Saitō as Tsubasa Okui (SolidS), Takuya Eguchi as Shiki Takamura (SolidS), Yoshitaka Yamaya as Kensuke Yaegashi (Growth), Yuichiro Umehara as Dai Murase (SolidS)
Ending Theme: "ALIEL" (エリアル -ALIEL-) by SOARA, "Because you are" by QUELL, "Burny!!!" by SolidS, "Mahō no Kizuna" (魔法のキズナ; Bonds of Magic) by Growth
Tayang Reguler: 2017-10-04



Demikian panduan untuk Idol Wars kali ini, Untuk 3 anime di atas akan masuk dalam bahan review reguler blog ini di waktu mendatang. Sementara review untuk TsukiPro akan dipertimbangkan di kemudian hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)