The First Impression: BanG Dream! - Episode 1




OK! sudah lama saya gak nge-blog disini. Yah, karena bingung juga sih mau nulis apaan jadi untuk sementara isi postingan di blog ini agak random. Well, Sementara ini yang permanen adalah proyek terjemahin lagu insert Love Live! Sunshine!! yang masih berlanjut. Semoga kelar dalam beberapa minggu kedepan. 

Nah, sebagai refreshing di sela aktivitas yang lumayan padat, beserta tulisan-tulisan gak penting di laptop. Agaknya saya mencoba untuk mereview anime ini di awal tahun 2017 ini. BanG Dream! Semenjak awal saya sudah gembar-gemborkan bahwa anime ini sudah mencuri perhatian saya sejak tahun kemarin, selain konsepnya yang unik dan didukung seiyuunya yang beneran niat main musik. Dah, itu doang! Jadi bagaimana tentang ceritanya? Check it out! 

Tambahan:
Sampai sekarang ini saya masih belum sempat nonton K-ON! Jadi saya pastikan bahwa isi postingan ini tidak akan menyinggung tentang itu meskipun saya tahu bahwa sebagian fans K-ON udah memberikan garam beryodium mereka untuk anime ini. Yah, terserah sih.

  • Ngidol = Ngeband
OK, saya mungkin gak berhak menilai cerita dari sudut pandang ini. Ada banyak contoh anime dimana heroine mereka jadi sukses karena “terinspirasi” oleh junjungannya. Contohnya: Love Live! dengan µ’s dan A-RISE. Yah, ini pola cerita standar dalam cerita anime.

Secara singkat inti cerita episode 1 adalah tentang perkenalan karakter anime ini. Pusat cerita dari tokoh karakter di episode ini mengarah kepada Kasumi Tomoya dimana dia digambarkan menjadi cewek yang begitu semangat untuk menemukan hobi yang sesuai dengan lingkungannya. Tapi, sama sekali belum ada pembicaraan untuk membentuk grup band pada episode ini.

  • Heart Warming Character

Mungkin karena masih episode 1 jadi masih dalam kondisi ‘anget-anget tahi ayam’, gak banyak petunjuk kemajuan yang tersingkap untuk sementara ini. Sebagai perkenalan karakter untuk sementara ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

Kasumi Toyama adalah gadis yang super energik bin jahil. Seorang kakak yang imouto-con (?). Tipe orang yang mudah berteman dengan orang lain. Neko. Alasan bersekolah di Hanasakigawa karena faktor sekolah adiknya yang memilih SMP disana.


Saya Yamabuki adalah seorang gadis dari penjual toko roti. Berasal dari SMP Hanasakigawa yang meneruskan ke tingkat SMA. Seorang gadis yang ramah dan merupakan teman pertama Kasumi di sekolah ini.


Ichiga Arisa adalah gadis jenius sedari SMP sehingga jarang masuk sekolah. berasal dari keluarga toko gadai. sifatnya agak congkak dan tidak mau mengalah.


Rimi Ushigome adalah gadis super pemalu. Sedikit info bahwa dia memiliki kakak yang merupakan anggota band bernama Glitter*Green. Band apakah ini? kita akan bahas setelah ini.


Hanazono Tae masih menjadi gadis misterius disini. Best Girl biasanya emang diungkap paling belakang, sih. lol. Bekerja sebagai penyedia minuman di kafe SPACE live music. Sepertinya ada ‘hubungan khusus’ antara Hanazono dan Saya? (Eh, bukan aku, maksudnya Dia, nggak bukan chara Aqours itu juga, sih.)


Sebagai tambahan,
Sekolah Hanasakigawa adalah sekolah khusus wanita dimana sekolah SMP dan SMA berada dalam satu gedung kompleks. Sebagaimana sekolah swasta pada umumnya, ada fasilitas pendidikan yang memungkinkan siswi SMP bisa masuk ke jenjang SMA di sekolah yang sama.


  • Uniform

Sekarang kita akan agak serius membahas seragam mereka. Entah mengapa konsep seifuku yang dipilih adalah warna coklat padahal aku lebih suka warna biru muda yang dipakai sebelumnya. Sedikit membingungkan adalah waktu melihat seifuku SMA milik Kasumi dan SMP milik adiknya. Emang ada bedanya? Ah, cuma roknya doang yang beda.

  • Sisters Relationship

Entah mengapa aku merasa poin ini yang membuatku tertarik untuk menontonnya. Yah, mungkin ini terlalu ‘cheesy’. Hanya saja menonton hubungan kakak-adik yang begitu akrab itu terlihat sangat imut dan menggemaskan – dalam hal ini Aa-chan (Asuka Toyama), cukup terganggu dengan tingkah kakaknya sih. lol. (bahkan kita sudah memiliki loli di episode 1. lol) 

 
Sebagai contoh lainnya adalah alasan Rimi Ushigome juga nantinya ikut ngeband karena mengikuti jejak kakaknya meskipun masih belum diungkapkan untuk saat ini.


Yah, Di dalam hidup ini akan ada masanya seorang adik tidak akan lagi membutuhkan peran kakaknya. Jadi selama adikmu masih menganggapmu sebagai seorang kakak pastikan untuk tetap menjaga hubungan ‘mesra’ tersebut. Lol

  • The Star Guitar
 
Yah, segalanya dimulai dari sini. Ada banyak sekali tema bintang di cerita ini. pertama adalah desain mata, kisah masa kecil sang heroine yang erat hubungannya dengan melihat bintang, ornamen bintang yang menuntunnya ke toko gadai ‘Shooting Star’ lalu kepada gitar hero bintang. Dan begitulah semuanya dimulai.


Entah apa yang spesial dari gitar ini bahkan Kasumi terus menggendongnya hingga akhir cerita ini. (perhatian: sangat tidak disarankan membawa gitar berpergian dalam posisi seperti ini!)

Ngomongin tentang ornamen. aku lihat bahwa sponsor musik di anime ini gak main-main. Contohnya Roland, Marshall, dll, biasanya nama merk akan sengaja disamarkan atau diparodikan pada anime lainnya. Tapi disini semuanya jelas. Well, ini alat musik yang sama dengan yang mereka gunakan pada saat LIVE mereka juga sih, sponsor sekali.


  • Glitter*Green


Dan, inilah junjungan kita! Sedikit info tentang mereka sudah sempat saya bahas di postingan sebelumnya. Seluruh seiyuu di band ini berasal dari unit Milky Holmes. Yang jelas, di band ini kita bisa kembali mendengarkan suara Umi Mimorin. Oke, saya penasaran apakah Mimo-chan bisa main gitar beneran atau enggak?!


Sejujurnya penonton musik yang bawa light stick itu sebenarnya bukan hal yang aneh tapi kesannya malah ngidol banget, yah karena itulah balik ke poin 1 lagi.

  • Overall

Saya melihat bahwa BanG Dream! potensial untuk membangun fanbase mereka sendiri. nah, masalah utamanya adalah apakah mereka dapat menjadi booming dengan bantuan anime ini atau enggak? Mengingat bahwa anime ini merupakan proyek multi-work dari beberapa perusahaan yang gak main-main mengeluarkan uang mereka.

Ini seperti Love Live! v.02 dengan kemasan berbeda. Hanya saja aku merasa segalanya seperti terlalu terburu-buru mengejar deadline, balik modal?. Baru episode 1 keluar dan iklan BD vol 1 sudah diumumkan.
Live konser berikutnya juga sudah diumumkan, besar harapan mereka bisa meningkatkan penampilan mereka karena selama ini aku kira bahwa permainan mereka (maaf) masih payah.

Untuk kualitas anime tidak terlalu mencolok. Kualitas gambarnya biasa. Appeal desain karakter di bagian ‘anu’ yah tidak terlalu ditonjolkan (untuk saat ini). kualitas cerita juga tidak terlalu hebat. Tujuan utama dari cerita ini juga belum nampak. 

Untuk kualitas lagu, aku kira departemen musik mereka sudah bekerja keras untuk membuat musik yang easy-listening sekarang tinggal bagaimana mereka memainkannya. Tema musik mereka sebagian besar adalah pop-rock. Jadi seharusnya layak dinikmati oleh semua kalangan.

Jadi, apakah ini layak untuk ditonton?

Kalau kamu menginginkan hiburan dunia cewek dan musik dengan kemasan yang lain yah kenapa enggak. Setidaknya ini masih menarik dibandingkan anime bertema idol di awal tahun ini... *uhuk* idol *uhuk* politisasi *uhuk* pemerintah*

Kira-kira!! – Doki-doki!!Harus diakui format cerita ini hampir sama seperti episode 1 Love Live! Sunshine!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)