Pengalaman Ke Konser JKT48 Di Sidoarjo

Hari Sabtu kemarin (15/11), JKT48 melanjutkan konser tur mereka ke 34 kota di indonesia, kali ini di Sidoarjo.

Aku yang pada acara konser kemarin di surabaya tidak bisa hadir karena ada keperluan tertentu berusaha menghadiri konser kali ini, kebetulan tempatnya juga bisa di jangkau dari rumah. Singkatnya, aku berangkat dari rumah sekitar jam 5 sore, setelah memakan waktu 45 menit dari perjalanan rumah, aku akhirnya sampai ke lokasi acara.

Kesan pertama saat aku berada di jalan, sepertinya acara konser ini diadakan tanpa ada promosi iklan
Dalam perjalananku ke GOR Delta, bahkan hingga di gelora sendiri, aku tidak melihat satupun billboard atau spanduk tentang konser JKT48. Entahlah, mungkin sengaja tidak dipromosikan, atau mereka memasangnya di lokasi lain. Yang jelas, bagiku sendiri yang walaupun rumahnya ada di wilayah sidoarjo, tapi itu adalah pertama kalinya aku pergi ke kota sidoarjo. Jadi, hampir nyasar sih.

Setelah akhirnya menemukan tempat konsernya, akhirnya aku menukarkan tiket sementara dengan tiket aslinya. Waktu mau pergi ke lokasi penukaran itu, aku sempat dicegat oleh penjual lightstick yang juga sekalian menjual tiket konser..... well, this is indonesia. gak kaget juga sih. Yah, walaupun aku juga harus beli LS juga sih dari mereka.



Akhirnya, aku mendapatkan tiketnya. Setelah aku mendapatkan tiket itupun, aku juga sempat bingung harus mengantri di sebelah mana karena tidak ada keterangan oleh pihak trims. Well, setelah bertanya di kerumunan penonton yang akhirnya aku ketahui itu adalah antrian untuk tiket tribun (dengan jumlah antrian yang sangat padat). Lalu aku mengantri di area VIP, seperti yang diduga jumlahnya memang tidak sebanyak yang tribun. 



Namun demikian bukan berarti VIP berarti mendapatkan service yang "berbeda" dari yang normal, toh, pada akhirnya saya juga harus menunggu open gate yang molor, well, open gate yang direncanakan dibuka pada jam 06:00 PM, malah baru dibuka jam 07:00 PM.  Dan bisa diduga bahwa ini juga berdampak sistematis pada jam mulai konser yang baru dimulai sekitar setengah jam kemudian.

Namun keluhanku untuk ini sebetulnya bukan di jamnya, tetapi pada alur antrian masuk venue di bagian VIP. Aku baru sadar ternyata pada tiket itu ada sistem penomoran untuk row bangku. Nah, untuk yang ini aku juga tidak tahu bagaimana sistem row ini diberlakukan. Apakah melalui sistem "yang membeli tiket duluan", atau "yang menukarkan tiket duluan" (sepertinya yg kedua deh). Dan yang membuat bingung adalah pengarahan dari panitia mengenai penyebutan nomor ini. Karena mereka tidak memakai alat pengeras suara jadi banyak yang bingung juga, "lu ngomong apaan tong", akibatnya ada juga dari barisku yang mendapatkan nomer row "4", yang tidak tahu kalau dia sudah dipanggil (yah, walaupun sama-sama bisa masuknya, pada akhirnya). Menurutku, akan lebih baik jika mereka membuat line yang khusus jadi para fans tidak perlu mengantri bersedak-desakan lagi


Singkatnya, akhirnya aku bisa masuk kesana. Ternyata tempatnya lebih kecil dari yang aku bayangkan, dan sama sekali tidak bisa dibilang dome! Tidak banyak hal yang spesial disini, tidak ada screen LED yang umumnya digunakan untuk background performance musik suatu artis, cuma ada 2 layar LCD disisi kiri dan kanan panggung yang membantu bagi para fans. selain itu juga, hampir disekeliling tembok venue di penuhi dengan spanduk yang sengaja dipasang oleh para fanbase dan fans untuk mendukung JKT48.





Dan acarapun dimulai dengan Kageana oleh Rona. How lovely sound... lol! And then... Surprisingly! Para fans secara mendadak berdiri dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" untuk memperingati peristiwa hari pahlawan di kota sebelahnya "kota pahlawan". Yah, itu memang menarik. Setelah itu konser dimulai dengan diputarnya "overture" dan dilanjutkan dengan lagu medley JKT48 lainnya. namun, acara berlangsung tidak semulus bemper ban sepeda motor gue. Sekitar lagu-lagu yang dibawakan oleh team trainee, terjadi insiden sound. Entahlah apa yang terjadi sebenarnya sehingga mendadak suaranya "mendem", entah speaker utamanya yang mati, sehingga yang aku dengar itu cuma speaker monitor saja, atau ada kendala lainnya yang begitu fatal sehingga tidak bisa diperbaiki hingga akhir konser. Yang jelas ini sangat mengganggu dan mengecewakan untuk bisa dinikmati lagi.

Sebetulnya agak kasihan juga sih, karena insiden itu berlangsung saat penampilan member generasi ke 3. Tapi yah mau gimana lagi, show must go on.. akhirnya dengan sound pas-pasan itu para member tetap tampil dengan maksimal, walaupun para fans yang chant juga tidak se-gila waktu 7 lagu sebelumnya berlangsung.

Mungkin ada yang tidak memperhatikan pengumuman ini, namun disana juga ditampilkan tayangan mengenai 2 hal: "Live Konser Member Generasi ke-3 di JKT48 Theater pada tanggal 22-23 November" (emang beda yah ama theater -_-) dan segera diadakan "Konser 3rd Anniversarry JKT48" di suatu tempat. Pengumuman ini juga akan diberitahukan di website JKT48.com kalian bisa cek disana.

Pada waktu encore, para fans serentak mengangkat Light Stick warna merah dan meneriakkan "AYUCHIN!" (yang kalo di ulang-ulang malah kedengaran jadi "ayuk cin" :v ) yang memang diperuntukkan untuk memperingati ulang tahun ayuchin. Dan meneriakkan "SOUNDMAN!" untuk memprotes insiden sound di konser ini.

Singkatnya, setelah lagu encore maka penampilan konser JKT48 benar-benar berakhir. Para member mengakhirinya dengan melakukan sesi High Touch untuk menyambut para fans yang akan keluar dari gedung. Entahlah, apakah ini umum dilakukan di setiap konser mereka selama ini, tapi jika ini tidak, mungkin ini dilakukan sebagai service permohonan maaf atas insiden itu. Mungkin. 





Overall, saya sebetulnya cukup puas dengan penampilan para member disana. Tapi tidak dengan EO-nya, karena mereka menggembar-gemborkan akan memberikan yang terbaik bagi fans dengan cukup meyakinkan menyatakan "Sidoarjo Gawe Rekor", tapi rekor apa yang ingin mereka hadirkan dengan promosi yang minim seperti itu? jadi rekornya tercapai kah?. 

Mengenai insiden sound, aku tahu sih memang ini tugas berat bagi soundman, tapi waktu aku menengok kebelakang ke bagian FOH (Front Of House). Aku melihat mereka lebih masa bodoh daripada menenangkan diri. Mungkin ini cuma perasaanku saja sih.



Terakhir, saya salut dengan para fans dari berbagai fanbase yang ikut hadir. tidak henti-hentinya mereka ikut mengibarkan bendera grup selama konser berlangsung di bagian tribun, beberapa fans juga ikut melakukan wotagei selama lagu tertentu. well, atmosfer seperti inilah yang akan membuat aku terpukau dan ingin terus menantikan konser mereka yang selanjutnya. (Tentunya tidak di tempat itu lagi).


Paling Akhir, disini aku menyadari bahwa memilih Rona sebagai oshi memberku ternyata bukan keputusan yang salah. walaupun pada awalnya cara memilihnya tergolong konyol. Tapi dia berhasil tetap memikatku hingga saat ini. Semoga dia tetap berkembang lebih lanjut kedepannya.Yah, walaupun aku tidak bertemu dia sih waktu high touch kemarin, sebaliknya, aku menemui salah satu member generasi 3 yang tidak akan aku sebutkan namanya, aku cuma mengatakan pada dia "semangat yah!" dan dia membalasnya dengan "iya, terima kasih kakak." Well, sepertinya aku juga akan turut memperhatikan dia kedepannya. #FansTBK

sebetulnya ini cuma bonus dari penjual LSnya, katanya boleh milih stiker nama oshi, padahal aku bilangnya "Ayen", tapi yang dikasih malah...... -_-

Setlist JKT48 LIVE IN CONCERT - SIDOARJO

Kageana : Rona
M00. Overture
M01. Gingham Check
M02. Manatsu No sound Good
M03. Flying Get
M04. Koisuru Fortune Cookie
MC1
M05. Tenshi no Shippo, (Angel, Nina, Zebi)
M06. Kuroi Tenshi, (Melody, Yoona, Ikha)
M07. Hagavi, (Haruka, Hanna, Nabilah)
M08. Shonichi (Gen 3)
M09. Kissu Shite... (gen 3)
MC2.
M10. Renai kinshi Jourei (Ve Beby, Shanju)
M11. Blue Rose (Naomi, Chikarina, Rona, Natalia)
M12. Higurashi no Koi (Tata, Ikha)
M13. Gomen ne Summer (Melody, Shania, Dhike, Nabilah, Haruka, Ghaida, Veranda)
M14.Temodemo no Namida (Andela, Yukha)
M15. River
M16. Iiwake Maybe
M.17 Hebirote (Gen 3)
M18. First Rabbit
M20. JKT48 <Song> (all member)
M21.Dareka no Tameni (all member)
Encore
EN01. New Ship
EN02. Gadis Remaja
EN03. Kokoro No Placard
EN04. Hikoukigumo






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

SUCK SEED: (BUKAN) Perjalanan menuju Sukses