A Newbie Guide of AKB48: Expansion Later. Chapter 2 - Part 2

Tahun 2012, awal baru bagi AKB48, kembali di tahun ini AKB48 memenangkan penghargaan “Artist of The Year” dari Japan Gold Disc Award. Sementara Everyday Kachuusha memenangkan penghargaan “Single of The Year”. “The Best 5 Single” untuk kategori yang sama semuanya dimonopoli oleh AKB48 dengan Everyday Kachuusha, Kaze wa Fuiteiru, Sakura no Ki ni narou, Chance no Junban dan Flying Get. NMB48 juga masuk sebagai “Best 5 New Artist”.

AKB48 juga memecahkan rekor total penjualan single grup wanita yang dimiliki Morning Musume. AKB48 mencapai total penjualan 11,787,000 kopi dengan total rilis 24 single dihitung dari indie, rekor yang dimiliki Morning Musume sebelumnya adalah 11,774,000 kopi dengan 56 single (total single Momusu menurut Wikipedia: 48 single (saat itu).

Pada tanggal 25 Februari, Pemerintah Jepang & Indonesia bekerjasama dalam acara Festival Budaya Pop Jepang (FBPJ) menyelenggarakan “Pop Culture Festival” di Balai Kartini. Dimana kali ini mereka mengundang AKB48, total ada 16 member yang hadir dalam kesempatan ini. FBPJ 2012 diadakan dalam rangka memperingati satu tahun bencana gempa dan tsunami di wilayah Tohoku Jepang dan merupakan bentuk apresiasi masyarakat Jepang atas dukungan masyarakat Indonesia di masa rehabilitasi dan rekonstruksi Jepang. Di sini juga JKT48 berkesempatan tampil bersama di dalam konser ini



Pada tanggal 24 agustus 2012, hari pertama konser tokyo dome, tempat mimpi tujuan terbesar AKB48 sejak awal. Di acara ini di datangi 48.000 fans dan menampilkan semua member 48 family, termasuk JKT48. Disini JKT48 menyanyikan lagu Baby,Baby,Baby. Di hari ini pula dibacakan pengumuman yang membuat shock yang begitu besar bagi para fans dan member AKB48 sendiri. dimana isi dari pengumuman itu adalah AKB48 akan kembali menggunakan pattern 3 tim, yakni Tim A, K dan B yang berarti Tim 4 di hapuskan. nantinya tiap timnya berisi member lebih dari 16 orang (Tim A terdiri dari 22 member, Tim B 23 terdiri dari member, Tim K terdiri dari 23 member), namun pada perform teater akan tetap digunakan formasi 16 member. Sebagai informasi, Team Shuffle terakhir dilakukan pada 2009. Sementara itu ada beberapa member yang di transfer ke sister grup mereka yang lain, mereka adalah Oota Aika (HKT48), Takajo Aki dan Nakagawa Haruka (JKT48), Miyazawa Sae dan Suzuki Mariya (SNH48) disini juga dibacakan perubahan jabatan kapten dimana: Takahashi Minami diresmikan menjadi General Manager AKB48 (Leader atas semua 48Family), Shinoda Mariko menjadi Captain Team A, Oshima Yuko Captain Team K, Umeda Ayaka Captain Team B.


Sementara itu JKT48 Operational Team melalui member JKT48 di dalam sebuah acara televisi “Dahsyat” secara mengejutkan mengumumkan akan diadakan audisi member JKT48 generasi ke 2. Dimulai pada tanggal 13 agustus hingga 31 agustus. pengumuman ini sangat mengejutkan para member generasi pertama. Tidak sedikit yang menangis karena shock, ataupun teringat dengan kenangan audisi di masa lalu. Audisi Finalis member Generasi ke-2 sejatinya berakhir pada tanggal 6 oktober dengan pengumuman terpilihnya 31 finalis member di acara “JKT48 2nd Generation Audition” di indonesia, tetapi hal itu di tunda dengan pengumuman mengejutkan dari Aki-P yang mengatakan akan mengadakan Final Test di jepang, akan tetapi tidak ada satupun yang tereliminasi di acara ini, sehingga secara resmi JKT48 memiliki 31 member tambahan baru plus 2 member baru yang ditransfer dari AKB48, yaitu Aki Takjo dan Haruka Nakagawa pada tanggal 2 november 2012.



Pada tanggal 14 september JKT48 menerbitkan Official Guide Book “Love JKT48” untuk pertama kalinya. Disusul tanggal 13 Oktober, JKT48 melakukan tanda tangan OGB untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 27 september, Theater AKB48 mendadak menjadi tempat suci yang di datangi oleh banyak fans dan wota AKB48. Di hari ini Atsuko maeda resmi akan di graduasi/ diluluskan dari AKB48, setelah 6 1/2 tahun bersama AKB48. Acara ini di iringi isak tangis dari para member lainnya, dan diikuti oleh ribuan fans yang memadati sepanjang area toko dan jalan.
Sebelumnya dirinya sudah mengumumkan pada bulan Maret bahwa "Saya - Atsuko Maeda -. Akan lulus dari AKB48. Saya mencoba yang terbaik dalam 6 ½ tahun, Saya harus bergerak maju ke mimpi saya pada usia 20." Maeda menangis saat mengatakan ini selama konser. [Sumber: Kyodo, 27 Maret 2012]

"Saya sangat senang bahwa saya bisa kembali ke tempat ini keesokan harinya setelah Tokyo Dome konser, bersama-sama dengan Anda. Ini sekali lagi meyakinkan saya bahwa "Ini adalah AKB seperti seharusnya." dan "Aku berasal dari tempat yang luar biasa ini." Saya telah dipenuhi dengan kebahagiaan selama bertahun-tahun. Saya sangat bangga sekali dengan fakta bahwa saya bisa bertemu dengan anggota, Akimoto-san dan staf, dan Anda penggemar. "
Saat ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada fans, teater kecil itu dipenuhi dengan teriakan" Terima kasih" dari para fans. 
"Terima kasih untuk kalian semua, saya bisa lulus AKB48. Saya akan berusaha maju dari titik ini. Terima kasih banyak, " -Atsuko Maeda-
Acchan said "Go Home, Dude!!" LOL!
Pada 18 September di adakan Janken Turnament untuk keempat kalinya, kali ini Paruru (Shimazaki Haruka) yang memenangkan Turnament ini berhak menjadi center di single selanjutnya, yang kemudian hari diketahui bahwa single ini di beri nama “Eien Pressure. Disini juga Single ke 28 “UZA” di tunjukkan untuk pertama kalinya.




Pada tanggal 14 oktober, SNH48 resmi mengumumkan 27 member generasi ke-1 mereka (satu member mengundurkan diri, berarti mereka memiliki 26 member saja). uniknya, pada audisi kali ini, tanpa menggunakan campur tangan dari pihak AKS dan Aki-P (jepang) dikarenakan konflik berkepanjangan diantara kedua negara tersebut. Jadwal debut mereka hingga sampai saat ini masih belum diumumkan hingga sekarang. Kedepannya di umumkan melalui website official mereka bahwa SNH48 akan melakukan debut pada tanggal 12 januari 2013 dengan tema pertunjukkan "Give Me Power" bertempat di Shanghai Grand Theater of the Cultural Arts Center di Repulse Bay (Yichang Road No. 179). Tetapi untuk debut ini, Miyazawa dan Maria tidak akan mengikutinya karena masalah Visa kerja yang belum mendapatkan ijin.




1 Nopember 2012. Formasi tim baru yang telah ditentukan mulai digunakan disini, dan meskipun belum ada setlist baru untuk setiap tim, maka mulai hari itu tiap tim akan menampilkan “Waiting Show (Waiting Kouen)”. uniknya, karena member yang tampil tetap 16 orang, maka tiap tim akan memakai sistem starting member (semacam starting line-up jika di sepak bola). Starting member akan berubah setiap shownya.


6 Desember 2012, AKB48 mendapatkan Guinness World Record keempat mereka! Kali ini mereka meraih rekor untuk “fitur terbaik dalam video game dengan menampilkan penyanyi pop terbanyak” untuk game simulasi kencan terbaru mereka AKB 1/149 Renai Sosenkyo (AKB1/149 Love General Election), AKB1/149 Renai Sosenkyo ini menampilkan 149 anggota dari grup idol ini.

Upacara penyerahan piagam rekor tersebut diadakan di Tokyo dan diterima oleh tiga anggota AKB48 yaitu Minami Takahashi, Yui Yokoyama dan Mayu Watanabe. Ini adalah rekor keempat yang mereka raih sebagai sebuah grup idol. Pertama, grup yang dipuji sebagai “Grup Pop Dengan Anggota Terbanyak” pada tahun 2010, “Jumlah CM (Iklan) Terbanyak Untuk Produk yang Sama Dalam Jangka Waktu 24 Jam” bulan Maret lalu, dan baru saja bulan November ini, sister grup SKE48 menerima penghargaan untuk “Video Musik Terbanyak Dalam Sebuah Album”.



Pada tanggal 8 Desember, grup idol Jepang AKB48 menggelar konser spesial ulang tahun mereka diTeater AKB48 di Akihabara. Ini adalah ulang tahun ke-7 mereka sebagai Idol Group. Konser tersebut menampilkan total 87 anggota termasuk Sae Miyazawa dan Mariya Suzuki yang kini telah bergabung dengan grup SNH48. Satu persatu ke-14 generasi yang ada dalam konser tersebut menyanyikan sebuah lagu. Mereka merayakan ulang tahun mereka itu bersama sekitar 250 fans. Minami Takahashi sebagai general manager AKB48 berkesempatana untuk menempelkan pita ke-7 grup mereka itu di dua pilar Teater AKB48. Ia menyambut perayaan itu dengan mengatakan,
“Rasanya kami sudah mulai berlari menuju tahun ke-8 kami. Aku ingin pergi menuju kemungkinan yang tak terbatas.”  - Takahashi Minami
“Tujuh. Aku menginginkan ini menjadi lucky 7 kami.” - Yuko Oshima

15 Desember 2012, AKB48 kembali mendapatkan penghargaan sebagai Artist of the Year oleh Billboad Jepang melalui penghargaan Billboard JAPAN Music Awards 2012. selain penghargaan itu, mereka juga mendapatkan penghargaan melalui 3 kategori lainnya yaitu Top Pop Artist, Hot 100 of the Year, dan Hot Singles Sales of the Year.



30 Desember 2012, Pada Penghargaan musik tahunan "The 54th Kagayaku! Japan Record Awards" diumumkan bahwa AKB48" Manatsu no Sounds Good" meraih hadiah utama "Japan Record Award". Ini adalah tahun kedua berturut-turut untuk AKB48 menerima penghargaan ini, karena mereka juga memenangkan penghargaan ini dengan "Flying Get" tahun lalu.

General manager AKB48, Takahashi Minami berkata sambil menitikkan air mata, "Saya benar-benar bahagia. Tahun lalu, kita sudah putus asa untuk meraih penghargaan, tapi tahun ini, kami merasa seperti kami harus menang, karena bab kedua untuk AKB48 telah dimulai. Saya bangga bahwa kami mampu untuk mendapatkan penghargaan ini ketika banyak musisi besar di sini. "


Watanabe Mayu menambahkan, "Setelah Maeda-san graduate, kita, orang-orang yang tertinggal, perlu membuat AKB ....", dia kemudian berhenti, karena tidak bisa menahan tangisnya. Lalu menambahkan, "Saya sangat senang. Saya ingin terus mencoba yang terbaik sebisa kami. Meskipun kami merasa ada beberapa tekanan, menerima penghargaan akan membuat kita mendapatkan kepercayaan, dan saya berharap ini akan membawa prestasi lain." Selamat buat AKB48! Omedetou gozaimasu !

Credit to: AIF48, Akb48wrapup, dan melosnomichi


© 2012 by T[RULE] OF LIFE. All visual media © by T[RULE] OF LIFE. All Rights Reserved.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

SUCK SEED: (BUKAN) Perjalanan menuju Sukses