Speaker Notes: Bagaimana Revival bisa terjadi di setiap aspek kehidupan kita.


by Ko Fiktor (Poksar FG - Agustus)

Kita ini berada di dunia yang sangat cepat berjalan, kita hidup dengan mengejar waktu yang cepat untuk berlalu. Jika kita tidak mempersiapkan diri, maka kita akan binasa. Sadar atau tidak, Tuhan sedang bekerja dalam kehidupan kita. Dia sedang mencurahkan Roh-Nya dalam kehidupan kita. Jika kita tidak dapat merespon pekerjaan Tuhan dalam kehidupan kita maka kita akan kehilangan arah.

Arti Revival sesungguhnya itu bukan mengenai pertobatan jiwa baru, tetapi perubahan secara menyeluruh! Dari kehidupan diri kita dulu, lalu perubahan untuk mempengaruhi CG kita, dan perubahan diri kita dalam mempengaruhi Teman yang lain, dan perubahan diri kita untuk mempengaruhi bangsa dan negara kita

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar Revival bisa terjadi:

1. Berkumpul  
Kis 2:1  Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
Kis 2:2  Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
Kis 2:3  dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
Kis 2:4  Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
Di ayat 2 dikatakan, jika kita ingin semua hal yang baik terjadi dalam hidup kita. Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah kita harus BERDOA. Alasan mengapa kita harus berdoa adalah: 
  • · Berdoa itu mendatangkan mujizat. 
  • · Berdoa itu pondasi Orang Percaya. 
Berdoa itu tidak boleh dipengaruhi oleh mood kita, jika kita melakukan doa hanya sekedar rutinitas. Maka tidak ada hal besar yang bisa Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Setelah kita berdoa, hal kedua yang akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita selanjutnya adalah Mengurapi!

2.  Urapan

Hidup kita ini di urapi oleh Tuhan, orang yang mendapat urapan Tuhan, maka segala sesuatu yang dikerjakannya akan berhasil. Apapun yang dikerjakannya Tuhan akan menyertainya. Kisah para rasul menulis ketika para rasul sudah berdoa, Tuhan mengurapi mereka. dan setelah itu hal pertama yang mereka lakukan adalah mereka segera Bertindak!


3. Bertindak/Mempraktekkan
Kis 2:12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?"
Kis 2:13 Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis."
Kis 2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.
Hal yang di lakukan oleh para rasul ketika mereka menerima urapan adalah segera mempraktekannya. Alkitab mengatakan bahwa Iman itu adalah mempraktekkan, yang berarti iman itu meminta tindakkan setelah mempercayainya. Oleh karena itu terkadang iman itu kelihatannya sadis, di FKA kita bisa melihat ada orang lumpuh setelah dia di doakan, dia dituntun untuk segera berjalan. mungkin kelihatannya itu bukan suatu hal yang manusiawi, tetapi seperti itulah cara iman bekerja karena iman itu tidak cuma menunggu sampai sesuatu terjadi tetapi dia menangkap sesuatu dan mengejarnya agar bisa terjadi.

4. Menangkap sesuatu
Kis 2:41  Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
Hal terakhir ketika kita sudah melakukan 3 poin diatas adalah menuai.  Ketika kita sudah berdoa dan bertindak maka kita akan menuai. Didalam perumpamaan Kebun Anggur, Tuhan Yesus digambarkan sebagai Tuan yang mengupah para pekerjanya senilai satu dinar. Seberapa panjang waktu untuk bekerja setiap pekerja mendapat upah yang sama rata yaitu satu dinar. Artinya Tuhan adalah Allah yang memberikan upah kepada setiap orang yang bekerja di ladangnya. Apabila kita tidak bekerja, hanya hidup untuk memikirkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain maka kita sudah gagal untuk memaknai diri kita sendiri. Ketika kita mulai merasa nyaman dalam hidup kita, secara perlahan-perlahan kita akan mundur dari Tuhan, ketika kita sudah terlampau jauh di dalamnya maka hasil akhirnya adalah kita tidak akan merasakan hadirat Tuhan apapun. Oleh karena itu tetaplah setia.

Apabila kita sudah melakukan tugas kita di ladang kita dan belum terjadi sesuatu di hidup kita, maka yang harus kita lakukan adalah  tambahkanlah dalam iman kita, Kesetiaan. Tidak ada yang mustahil ketika kita sudah bekerja, kerjakan bagianmu sekecil apapun itu. Dan biarkan Tuhan mengerjakan sisanya. Tuhan tidak pernah mengerjakan setengah-setengah. Maka bekerjalah!


Oleh karena itu agar Revival bisa terjadi di CG kita adalah:

1. Siapkan diri dan hati kita, komitmen dan Visi kita di CG
2. Siapkan anak-anak yang ada di CG untuk berkumpul dan berdoa bersama
3. Mulai bekerja di dalam ladang Tuhan dan bersiaplah menuai hasilnya. 


Visi: awal bulan november akan ada kelahiran CG baru di semua CG di wilayah FG.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

This is Living - Hillsong Young & Free (Terjemahan Indonesia)