FAQ NATAL: Beberapa Hal Yang Ingin Dijawab Tanyakan

Berikut ini beberapa Ide yang sempet jadi pertanyaanku selama ini.. dan aku bakal coba jawab disini.. daripada gak ada yg diposting... hehehe...




1.Q: MENGAPA NATAL ITU TANGGAL 25 DESEMBER?
A: Bapak gereja dulu menilai perlunya ada dasar yang kuat untuk menarik jiwa2 yang terhilang, nah, pada abad ke 4 itu Allah sudah menyatakan lawatan kuasanya ke kerajaan romawi dan menjamah para pemimpin disana sehingga pada tahun itu dinyatakan bahwa agama kristen adalah pedoman agama yang benar bagi negara itu. sayangnya perintah ini sangat sulit dilakukan untuk orang yang baru kenal Tuhan dan baru terima Kristus sebagai juru selamat. Karena mereka lebih nyaman merayakan liturgi agamawi mereka yang dulu. dan pada waktu itulah para bapak gereja akhirnya sepakat untuk menjadikan tanggal 25 desember sebagai hari Natal. why??

Tanggal 25 desember dikenal sebagai Hari Matahari = Hari dimana sinar matahari sangat kuat menyinari bumi dan menggantikan musim salju yang dingin itu. dalam artian harafiah, ini bisa diartikan sebagai:

1.Yesus adalah Sang Matahari itu, disinilah gereja mencoba mengenalkan bahwa Yesus adalah pribadi Allah yang juga memberi terang sehebat matahari itu.
2.Revival is Our Blood, para bapak gereja sadar mereka butuh momen untuk mengenalkan kebenaran sejati bagi suatu negara yang belum mengenal kebenaran sama sekali. hingga akhirnya mereka sepakat untuk secara perlahan-lahan mengenalkan sosok kristus itu lewat tanggal 25 desember. sehingga hari itu mereka yang terbiasa ke kuil baal mulai beralih pergi ke gereja dan di lahir baru dalam kristus. (source: sumber)

tapi kalo menurut gue.... Ya iyaaa lah... kalo tanggal 22 kan hari ibu. kalo tanggal 1 januari hari tahun baru... wew....

2.Q: MENGAPA MEMAKAI WARNA MERAH, PUTIH, DAN HIJAU?
ini pertanyaan yg gue dapet pas usia 8 tahun.. tapi aku bau dapet jawabannya baru-baru ini saja. simple!
A: Merah= DARAH Yesus, Putih=Kesucian/Kekudusan (inspirasi bendera sang saka merah putih), Hijau= Warna daun evergreen yang selalu hijau.

3.Q: MENGAPA HARI NATAL SELALU HUJAN?
A: ini pertanyaan pas aku umur 13 tahun, jawabannya sih simple karena pada saat itu Indonesia sedang mengalami musim Hujan dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi referensi dapat dilihat di sini (need more reference)

4.Q: MENGAPA SINTERKLAS MENJADI TRADEMARK NATAL?
A: yah apalagi kalo bukan karena kado, lagipula sinterklas ada seperti simbolis membawa keceriaan bagi orang lain. (source)

5.Q: BENARKAH BAYI YESUS DI DATANGI 3 ORANG MAJUS?
A: Tidak... bukan karena asumsi Orang Majus membawa 3 jenis hadiah.. maka bisa dikatakan yg datang ada 3 orang.. bisa saja itu berarti 3 kelompok bangsa.. mengingat mereka datang dari tempat jauh, pasti gak cukup 3 orang doank.. see this:
Mat 2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Mat 2:12 Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

Mat 2:13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."

Q.6: ARTI KATA NATAL/CHRISTMAS?
A: Kata “natal” berasal dari ungkapan bahasa Latin Dies Natalis (Hari Lahir). Dahulu juga dipakai istilah Melayu-Arab Maulid atau Milad. Pada negara-negara yang berbahasa Arab, hari raya ini disebut dengan Idul Milad. Dalam bahasa Inggris perayaan Natal disebut Christmas, dari istilah Inggris kuno Cristes Maesse (1038) atau Cristes-messe (1131), yang berarti Misa Kristus. Christmas biasa pula ditulis Χ'mas, suatu penyingkatan yang cocok dengan tradisi Kristen, karena huruf X dalam bahasa Yunani merupakan singkatan dari Kristus atau dalam bahasa Yunani Chi-Rho. Dalam Alkitab bahasa Indonesia sendiri tidak dijumpai kata "Natal", yang ada hanya kelahiran Yesus. (source)

7. Nanti kalo misalnya ada yg pengen aku tanyain aku tambahin lagi deh...

Merry Christmas all...


© 2011 by T[RULE] OF LIFE. All visual media © by T[RULE] OF LIFE All Rights Reserved. ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film: A Silent Voice (Koe no Katachi - 聲の形)

Gereja Musik Praise and Worship Team di Dunia

SUCK SEED: (BUKAN) Perjalanan menuju Sukses